10 Perpustakaan Unik Dari Berbagai Dunia - Kumpulan Artikel Unik Dan Menarik

10 Perpustakaan Unik Dari Berbagai Dunia

Sekitar Dunia Unik - Nilai esensi dari membaca adalah untuk menambah wawasan secara luas. Kegiatan membaca bukan hanya didapat dari pendidikan formal saja, membaca bisa dilakukan di mana saja dan kapan pun. Itulah sebabnya didirikan perpustakaan untuk memudahkan masyarakat dalam membaca.


Perpustakaan pada umumnya berupa bangunan yang didalamnya berjejer rak buku-buku yang sangat banyak. Namun ada saja ide-ide brilian untuk menarik perhatian masyarakat agar semakin gemar dalam membaca. Seperti yang admin lansir dari laman Liputan6.com, berikut adalah 10 perpustakaan unik dari berbagai dunia :

1. BEACH LIBRARY
Perpustakaan di tepi pantai - Sekitar Dunia Unik

Perpustakaan ini didirikan di tepi pantai Bulgarian Black Sea Albena oleh Herman Kompernas. Perpustakaan dengan julukan 'perpustakaan paling santai di seluruh dunia' ini, setidaknya memiliki lebih dari 2500 buku dengan 10 bahasa yang berbeda. (outret.com)

2. BOOTH LIBRARY
Perpustakaan super mini - Sekitar Dunia Unik

Booth library atau perpustakaan pojok berwarna kuning ini hanyalah berupa satu unit rak kecil, menjadikannya sebagai perpustakaan super mini. Perpustakaan mini yang didirikan pada tahun 2013 ini, berada di kawasan Nolita, New York. (treehugger.com)

3. BOOKS LIBRARY
Perpustakaan dengan bangunan jejeran buku - Sekitar Dunia Unik

Sebuah perpustakaan dibangun menyerupai buku-buku yang berjejer dengan rapi. Perpustakaan ini dibangun oleh seorang arsitek setempat yang bernama Bob Holloway. Perpustakaan yang berada di wilayah Kansas ini dibangun berdasar dari pilihan 22 judul buku yang sangat berpengaruh bagi kota Kansas. (gizmodo.com.cu)

4. DONKEY LIBRARY
Perpustakaan berjalan keledai - Sekitar Dunia Unik

Perpustakaan berjalan ini terbilang cukup unik, yakni perpustakaan yang berdiri di atas seekor keledai. Perpustakaan keledai memulai pelayanannya pada tahun 2009. Perpustakaan yang berasal dari bukit Trujillp, Venezuela, Universitas Valle del Momboy ini mengirimkan buku-buku khusus untuk dibaca oleh anak-anak petani di daerah sekitar. (en.wikipedia.org)

5. BUS LIBRARY
Perpustakaan bus - Sekitar Dunia Unik

Seorang pria asal Brazil bernama Antonio da Conceicao Ferreira mengubah salah satu bus miliknya yang biasa ia kendarai menjadi perpustakaan kecil. Perpustakaan bus yang pada awalnya hanya terdapat 15 buah buku ini terinspirasi oleh kekasihnya. (oddee.com)

6. BOOKYARD LIBRARY
Perpustakaan di lapangan - Sekitar Dunia Unik


Di Ghent, Itali berdiri sebuah perpustakaan di lapangan milik karya seorang seniman yang bernama Massimo Bartolini. Perpustakaan yang tidak memiliki dinding ini didirikan pada tahun 2012 silam. (architizer.com)

7. PUBLIC TELEPHONE LIBRARY
Perpustakaan kotak telepon - Sekitar Dunia Unik

Perpustakaan yang bisa digunakan secara gratis selama 24 jam ini berada di Westbury-sub-Mendip di Somerset, Inggris Barat. Perpustakaan kotak telepon ini dalam waktu singkat sudah dipenuhi buku-buku. (en.wikipedia.org)

8. MOTORCYCLE LIBRARY
Perpustakaan motor modifikasi - Sekitar Dunia Unik

Perpustakaan ini didirikan pada tahun 2003 oleh seorang pensiunan guru sekolah yang bernama Antonio La Cava. Ia membuat "Bibliomotocarro", sepeda motor yang sudah dimodifikasi dan dilengkapi dengan tidak kurang dari 700 buah buku. (pinterest.com)

9. TANK LIBRARY
Perpustakaan berbentuk Tank - Sekitar Dunia Unik


Perpustakaan berikutnya merupakan hasil karya seorang seniman asal Buenos Aires, Argentina yang bernama Raul Lemesoff. Ia mengubah Ford Falcon tahun 1979 menjadi sebuah perpustakaan bergerak yang berbentuk mirip sebuah tank. Ia menamai 'proyeknya' Weapons of Mass Instruction, plesetan dari Weapon of Mass Destruction (Senjata Pemusnah Massal). (taringa.net)

10. BOX LIBRARY
Perpustakaan kotak surat - Sekitar Dunia Unik


Perpustakaan kotak pos ini tersebar di 24 negara dengan jumlah sekitar 300 - 400 buah. Anda dapat mengunjungi website littlefreelibrary.org untuk mencari tahu dimana lokasi perpustakaan kotak pos ini. (oddee.com)

Demikian artikel kali ini tentang 10 perpustakaan unik dari berbagai dunia.
Previous
Next Post »
Add Comments


EmoticonEmoticon